Kelebihan dan Kelemahan Panel Lantai Untuk Bangunan

Kelebihan dan Kelemahan Panel Lantai Untuk Bangunan

Kelebihan dan Kelemahan Panel Lantai Untuk Bangunan

Daftar Isi


Sekilas Tentang Panel Lantai

Panel lantai merupakan material bangunan yang berfungsi untuk meningkat / ngedak lantai pada bangunan sekaligus sebagai pengganti cor dak beton konvensional.

Panel lantai adalah jenis dak yang masih baru namun seiring dengan perkembangan teknologi konstruksi, panel lantai telah menjadi pilihan yang populer di kalangan para kontraktor.

Panel lantai dicetak dalam bentuk lembaran, lengkap dengan tulangan besi di bagian tengahnya. Bahan yang digunakan untuk pembuatannya adalah pasir, semen, kapur, gipsum, pasta alumunium, dan agen aerasi, yang diproduksi di pabrik menggunakan mesin canggih.


Spesifikasi Ukuran Panel Lantai

Panel lantai memiliki ukuran panjang yang bervariasi mulai dari 1,47 M, 1,72 M, 1,97 M, 2,20 M, 2,47 M, 2,72 M, 2,97 M, 3,22 M, 3,47 M, 3,72 M, 3,97 M dengan lebar 60 Cm dan tebal 12,5 Cm, 15 Cm, 17,5 Cm.

Sebagai catatan 1 kubik panel lantai bisa menjadi luasan 8 M2. Untuk lebih jelasnya silahkan simak tabel dibawah ini.

Setelah membahas spesifikasi ukuran panel lantai, langsung saja kita membahas kelebihan dan kelemahan panel lantai.


Kelebihan Panel Lantai Untuk Bangunan

Dibandingkan dengan cor konvensional, penggunaan lantai memiliki keuntungan tersendiri. Adapun keunggulannya sebagai berikut:

1. Presisi dan Bersiku

Panel lantai memiliki sudut 90 derajat, sehigga akan lebih mudah dalam menempatkan panel yang dipasang. Diproduksi secara presisi dan bersiku, ini akan mempermudah proses pengapikasian dan memiliki tingkat akurasi yang lebih baik.

2. Daya Tampung Beban yang Kuat

Panel lantai memiliki daya tahan beban yang baik, meskipun memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan cor kovensional, panel lantai ini sangat kuat jika digunakan dalam bangunan. Setiap 1 meter perseginya dapat menahan beban hingga 400kg. Dengan begitu, panel lantai ini termasuk material yang memiliki ketahanan beban yang tinggi.

3. Terpasang Tulangan Besi Anti Karat

Di dalam struktur panel lantai terpasang tulangan besi anti karat yang memungkinkan panel ini lebih berfungsi secara maksimal dan kokoh. Tulangan inilah yang membantu membentuk struktur kuat panel lantai.

4. Lebih Praktis dalam Pengaplikasian

Termasuk dalam salah satu inovasi terbaru dalam bidang infrastuktur, panel lantai dirancang khusus untuk mempercepat proses pembangunan. Memiliki bentuk lembaran, ini akan lebih praktis dalam proses pengaplikasian. Sehingga tidak membutuhkan waktu terlalu lama dan menghemat waktu kerja. Ini tentu akan berpengaruh dengan biaya tukang. 

5. Tahan Api

Dengan memiliki struktur beton yang berpori, panel lantai citicon memungkinkan tahan terhadap api sehingga keamanan dan kenyamanan bangunan tentu akan lebih terjamin. Selain itu, panel lantai memiliki sifat perambatan yang rendah, yang pastinya akan melindungi dari api.

6. Tahan Gempa

Panel Lantai memiliki berat yang ringan dan daya rekat yang kuat, ini memungkinkan tahan terhadap getaran gempa. Terbuat dari material yang kuat dan berkualitas, panel lantai ini akan sangat tepat digunakan pada konstruksi bangunan saat ini.

7. Efisien Sumberdaya dan Ramah Lingkungan

Pemasangan panel lantai tidak membutuhkan banyak orang seperti halnya pengecoran sehingga akan lebih mengehemat biaya operasional. Selain itu, penggunaan material ini termasuk ramah lingkungan karena tidak menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan, baik secara material ataupun pengaplikasian.


Kelemahan Panel Lantai

Selain memiliki banyak kelebihan, panel lantai juga memiliki beberapa kelemahan. Berikut kelemahan panel lantai yang perlu Anda ketahui.

1. Persiapan Struktur Bangunan Harus Sesuai Standar

Secara bobot, panel lantai memang lebih ringan dibandingkan dengan cor dak beton konvensional, namun Anda juga tetap harus memperhatikan struktur bangunan yang menopangnya.

Berikut struktur bangunan yang perlu Anda siapkan sebelum memasang panel lantai

A. Pondasi

Pondasi adalah salah satu elemen penting pada bangunan, karena pondasi merupakan yang pertama kali dibentuk sebelum elemen lain terbentuk.

Ketahanan suatu bangunan juga tergantung pada pondasi yang dibangun. Pondasi berfungsi untuk meneruskan beban dari struktur atas ke bagian tanah dasar.

persiapan struktur panel lantai pondasi

Pondasi disarankan adalah jenis pondasi footplat / cakar ayam. Karena jenis pondasi ini sangat cocok digunakan di Indonesia.

B. Sloof

Sloof merupakan struktur bangunan yang terletak di atas pondasi dan memiliki fungsi untuk meratakan beban pondasi.

Sloof juga berfungsi sebagai pengunci dinding, apabila terjadi pergerakan tanah dinding tidak roboh. Sloof sangat berperan penting terhadap kekuatan dari bangunan.

C. Kolom

Kolom merupakan elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan.

Untuk rumah tinggal disarankan jarak kolom utama 3,5 meter, agar dimensi balok untuk menopang lantai tidak begitu besar.

D. Balokan

Fungsi balok adalah sebagai dudukan plat sekaligus menyatukan hubungan antara kolom agar terjadi satu kesatuan struktur yang kuat.

2. Harus Menggunakan Tenaga yang Profesional

Selain perlu menyiapkan keempat struktur diatas, kelemahan panel lantai berikutnya adalah pemasangan panel lantai tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang dan harus dengan tenaga yang profesional.

Jadi meskipun anda sudah menyiapkan struktur, tapi tukang anda tidak bisa melakukan pemasangan panel lantai tetap saja percuma bukan?


Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan mengenai kelebihan dan kelemahan panel lantai. Sebelum mengambil keputusan untuk menggunakan panel lantai dalam proyek konstruksi Anda, penting untuk memahami baik manfaat maupun batasan dari penggunaan panel lantai tersebut.

Berikut ini adalah ringkasan dari poin-poin penting yang telah dibahas.

A. Ringkasan Kelebihan Panel Lantai

Panel lantai menawarkan sejumlah kelebihan yang signifikan dalam konstruksi bangunan. Beberapa kelebihan tersebut meliputi efisiensi waktu pemasangan, keandalan struktural, dan penghematan biaya.

Dengan pemasangannya yang cepat, panel lantai dapat mengurangi waktu konstruksi secara keseluruhan. Selain itu, panel lantai juga dapat membantu mengurangi biaya bahan baku dan limbah konstruksi, serta meningkatkan efisiensi energi dalam jangka panjang.

B. Pemahaman Akan Kelemahan Panel Lantai

Namun, panel lantai juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu diperhatikan sebelum mengadopsinya dalam proyek konstruksi. Kelemahan tersebut diantaranya adalah perlunya menyiapkan struktur bangunan yang sesuai standart dan menggunakan tenaga / tukang pilihan yang profesional.

C. Rekomendasi Penggunaan Panel Lantai Dengan Bijak

Bagi Anda yang berencana memilih panel lantai sebagai material bangunan untuk ngedak hunian rumah, namun masih ragu karena terkendala dengan beberapa kelemahan panel lantai diatas, Anda bisa mempercayakannya pada PT. Nobel Bangun Perkasa.

PT Nobel Bangun Perkasa merupakan perusahaan distributor sekaligus aplikator panel lantai resmi dari pabrik. Karena merupakan distributor resmi panel lantai dari pabrik, maka harga yang Anda dapatkan akan lebih terjangkau dengan pengerjaan tukang yang profesional serta terpercaya.

Selain itu PT Nobel Bangun Perkasa juga menyediakan “Paket Panel Lantai Terpasang“. Paket tersebut terdiri dari

  • Bahan Material Panel Lantai
  • Free Survey Pengukuran
  • Free Jasa Pemasangan
  • Gratis Semen Grouting + Pembesian
  • Free Ongkir & Bongkar Muat

Jadi anda tidak perlu repot memikirkan “Nyari tukang pasang panel lantai profesional dimana, Udah Free Ongkir Belum”.

Jika Anda berminat untuk pemesanan panel lantai di PT Nobel Bangun Perkasa, silahkan hubungi consultan sales kami dengan klik tombol dibawah


KUNJUNGI KANTOR KAMI

NOBEL BANGUN PERKASA SURABAYA

Jl. Simo Hilir Timur Raya 3C No. 4 Surabaya

(031) 511 63249

HUBUNGI MARKETING OFFICER

081226895252082234916555082125850133


NOBEL BANGUN PERKASA MADIUN

PERTOKOAN RADO TRADE CENTER

Jl. Kunir Ruko Rado Blok KB No 10

(0351) 477 3060

HUBUNGI MARKETING OFFICER

08127853677081249209553


NOBEL BANGUN PERKASA YOGYAKARTA

Jl. Wates KM 07 Bale Catur Sleman Yogyakarta

(0274) 282 3412

HUBUNGI MARKETING OFFICER

082133481599081330607733


NOBEL BANGUN PERKASA SEMARANG

Jl. Dempel Kidul Raya – Ruko Kav No: 1A, Tlogosari Kulon, Kec. Pedurungan, Kota Semarang

(024) 7660 8263

HUBUNGI MARKETING OFFICER

08123688434308213762616

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *